You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pembongkaran bangunan liar bkb
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Bangunan Liar di BKB Kembali Ditertibkan

Ratusan bangunan liar di bantaran Banjir Kanal Barat (BKB), Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali dibongkar paksa petugas Satpol PP. Selama ini, ratusan bangunan liar tersebut juga kerap dimanfaatkan untuk lokasi pesta miras serta prostitusi.

Sudah lima kali bantaran BKB ini ditertibkan, tapi selalu muncul lagi bangunan liar. Jalan ini akan segera difungsikan

Sekitar 200 petugas Satpol PP yang diterjunkan sempat kesulitan melakukan pembongkaran, karena hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak pagi hari.

"Sudah lima kali bantaran BKB ini ditertibkan, tapi selalu muncul lagi bangunan liar. Jalan ini segera difungsikan. Kami juga akan melakukan pengerukan kali," kata Hidayatullah, Camat Tanah Abang, Senin (12/1).

262 Lapak PKL di Jl Pisangan Timur Ditertibkan

Saat dilakukan pembongkaran, petugas menemukan banyak botol minuman keras di depan ratusan gubuk liar itu. Petugas selanjutnya memindahkan barang-barang yang ada di dalam gubuk, seperti lemari, ranjang serta sejumlah perabotan rumah tangga lainnya ke pinggir Jalan Inspeksi BKB.

Hidayatullah mengaku sudah memperoleh instruksi dari Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede untuk menyediakan rumah susun untuk warga yang bangunannya ditertibkan.

Namun lantaran jumlah warga yang berdomisili di BKB terlalu banyak, Hidayatullah mengimbau agar mereka kembali ke kampung halamannya masing-masing.

"Kalau mereka tetap bertahan tinggal di sini jelas tidak manusiawi. Apalagi pembangunan jalan ini salah satu prioritas Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan," kata Hidayatullah.

Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi mengimbau agar warga yang bangunannya ditertibkan untuk mengontrak rumah yang layak di sekitar Tanah Abang.

"Kami sih lebih berharap mereka kembali ke daerahnya masing-masing. Kali ini rencananya akan dikeruk, PT KAI juga sedang melakukan pemagaran di sepanjang rel. Pokoknya di sini sama-sama berbenahlah," tutur Yadi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1038 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye829 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati