You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov DKI Tunjuk Tenaga Ahli E-Budgeting
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunjuk konsultan Gagat Djiwarno bersama ketiga rekannya sebagai tenaga ahli sistem E-Budgeting APBD..
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Basuki Ancam Cabut Izin Gedung Tanpa Proteksi Kebakaran

Musibah kebakaran masih menjadi ancaman serius di wilayah DKI. Musibah ini tidak hanya rawan terjadi di pemukiman, tapi juga di gedung bertingkat. Pemprov DKI pun cukup serius terhadap persoalan tersebut. Bahkan, gedung yang tidak memiliki proteksi kebakaran secara memadai akan dicabut izin operasionalnya.

Sanksi gedung yang buruk, kita tidak kasih sertifikat layak fungsi. Harusny a tidak beroperasi

"Sanksi gedung yang buruk, kita tidak kasih sertifikat layak fungsi. Harusnya tidak beroperasi," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama di Balaikota, Kamis (12/3). 

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur proteksi kebakaran tersebut.  Sebab, masih banyak gedung bertingkat di ibu kota belum memiliki sistem proteksi kebakaran sesuai standar.

Korban Kebakaran Kebon Pala Butuh Pakaian

"Saya sudah minta Kadis Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI, Subedjo untuk melakukan evaluasi dan memproses peraturan tersebut,” ujarnya.

Basuki mengungkapkan, banyaknya gedung bertingkat di ibu kota yang tak memenuhi syarat sistem proteksi kebakaran merupakan kesalahan masa lalu. Bakan, mereka diberikan sertifikat layak fungsi, meskipun sejumlah persyaratan tidak terpenuhi.

”Makanya feeling Pak Jokowi dan saya itu benar. Waktu kami masuk (ke Jakarta), kami sudah mikir ini kalau banyak korupsi manipulasi apa benar izin-izin (bangunan) semua sesuai? Terus gedung bertingkat kalau kebakaran, nolongnya gimana," ucapnya.

Alhasil, lanjut Basuki, Pemprov DKI pada tahun 2014 menganggarkan pengadaan satu unit bronto skylift. Alat tersebut biasa digunakan untuk memadamkan api di ketinggian, dan terbukti cukup efektif memadamkan api saat terjadi kebakaran di Wisma Kosgoro beberapa waktu lalu.

"Untung saja skylift yang baru kami beli sudah bisa dipakai sampai 90 meter," tambahnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1167 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito