You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kelas Berkebun Sesi 3 Diikuti 126 Peserta Kader PKK dan Poktan
....
photo Suparni - Beritajakarta.id

Ketua TP PKK Jakut: Kelas Berkebun Sangat Bermanfaat

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Kelas Berkebun, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Kreatif dan inovatif di tengah keterbatasan

Yenny mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) berkolaborasi dengan TP PKK tersebut memberikan banyak ilmu bagi peserta Kelas Berkebun, baik kader PKK maupun dari kelompok tani (poktan).

"Sangat memberikan manfaat, mereka bisa mendapatkan ilmu bercocok tanam, lebih kreatif dan inovatif di tengah keterbatasan lahan," ujarnya, saat memberikan sambutan pelaksanaan Kelas Berkebun Sesi 3 yang mengangkat tema "Tabulampot dan Tanaman Hias", Kamis (23/9).

70 Peserta dari Kepulauan Seribu Ikuti Kelas Berkebun Sesi 3

Menurutnya, berbekal pengetahuan yang didapat, peserta tidak hanya bisa berkontribusi menghijaukan lingkungan. Tapi, juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga.

"Terima kasih kepada narasumber atau pemateri atas ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diberikan. Semoga para peserta dapat menerapkan dan menyebarluaskan ilmu yang didapat kepada warga lainnya," kata Yenny.

Kepala Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Utara, Unang Rustanto menambahkan, Kelas Berkebun Sesi 3 ini menghadirkan Penyuluh Pertanian Kecamatan Cilincing Hendriyanto; dan Praktisi Budi Daya Tanaman Hias, Nurul Rusniawaty sebagai narasumber.

"Dalam Kelas Berkebun sesi 3 hari ini diikuti 126 peserta yang terdiri dari kader PKK di enam kecamatan di Jakarta Utara serta poktan binaan Sudin KPKP Jakarta Utara, semoga bermanfaat dan dapat dipraktikkan ilmunya," terangnya.

Praktisi Tanaman Hias, Nurul Rusniawaty menuturkan, tanaman hias, khususnya anggrek sangat diminati berbagai kalangan. Sehingga, sangat terbuka peluang bisnisnya.

"Dalam budi daya tanaman hias ini harus memperhatikan hal dasar mulai dari wadah, media, bibit yang baik, cara tanam, perawatan, pencegahan penyakit dan pemupukan yang sesuai dosis. Jika hal ini diperhatikan mudah-mudahan hasilnya juga baik," ungkapnya.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Kecamatan Cilincing, Hendriyanto mengatakan, penanaman buah dalam pot menjadi solusi bagi peserta jika ingin berkebun tetapi tidak memiliki lahan cukup luas.

"Selain perawatannya lebih mudah, kreasi para pemilik kebun dalam pot ini bisa meningkatkan nilai jual tanaman. Misalnya, buah yang ukurannya lebih besar dari ukuran pada umumnya meski di dalam pot," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8406 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Progres Penanganan Tanah Longsor di Kembangan Selatan Capai 90 Persen

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3482 personTP Moan Simanjuntak
  3. Atasi Genangan, Pemprov DKI Siagakan Petugas dan Pompa

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3269 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Aplikasi JAKI Disosialisasikan di SMAN 85 Jakarta

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3209 personTP Moan Simanjuntak
  5. Wamen Kominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya di Penghargaan PBB, Ada Jalahoaks

    access_time22-03-2024 remove_red_eye3200 personAldi Geri Lumban Tobing