You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Siapkan Sistem Subsidi Angkot di Ibukota
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

DKI Siapkan Rp 1,35 T untuk Subsidi Angkutan Umum

Pemerintah kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 28 Maret 2015 lalu. Kenaikan harga BBM ini memicu naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok serta biaya transportasi di ibu kota.

Angkot akan kita bikin sistem, sangat jelas. Kita akan bayar rupiah per kilometer Itu namanya PSO (Public Service Obligation)

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan dana Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sebesar Rp 1,35 triliun untuk melaksanakan sistem rupiah per kilometer bagi operator angkutan umum yang berada di bawah koordinasi PT Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan Pemprov DKI saat ini sudah memiliki sistem yang jelas yakni dengan membayar rupiah per kilometer melalui Public Service Obligation (PSO).

Penyertaan Modal Hanya untuk Transportasi Publik

"Angkot akan kita bikin sistem, sangat jelas. Kita akan bayar rupiah per kilometer Itu namanya PSO (Public Service Obligation),” kata Basuki di Balaikota, Senin (30/3).

Dengan demikian, kata Basuki, jika masyarakat tidak bisa membayar tarif seharusnya untuk bus tersebut, Pemprov DKI akan melakukan PSO.

"Jadi artinya begini, warga kalau tidak sanggup beli bensin yang mahal, kami subsidi. Tapi bukan subsidi minyak karena minyak yang dapat mobil. ‎Anda naik bus, busnya kami tambah, semua bus, kopami, dan kopaja," ujarnya.

Ia menjelaskan, pemberian subsidi dalam sistem PSO akan sangat menguntungkan bagi para operator angkutan kota di Jakarta. "Kita tidak tarik uang lagi, kamu (angkutan) ikut kami saja, pasti untung. Jalannya rupiah per kilometer, kredit bank bisa dapat bus bagus," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1003 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye944 personAldi Geri Lumban Tobing