You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
bus city tour
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Zona Bebas Motor Butuh Tambahan Bus Gratis

Sebanyak 10 unit armada bus gratis yang beroperasi di zona bebas motor, tepatnya mulai dari kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Jalan Merdeka Barat dinilai masih kurang. Idealnya jumlah bus gratis tersebut sebanyak 15 unit, sehingga waktu kedatangan (headway) bus tidak terlalu lama.

Kita sudah minta PT Transjakarta tambah lima armada lagi di jalur itu, walaupun penumpang belum penuh. Karena orang juga akan malas menaiki bus gratis kalau jumlahnya kurang

“Jalur itu panjangnya kan tiga kilo, kalau bolak-balik enam kilo. Bus yang beroperasi di situ ada 10 unit, lima bus City Tour dan lima bus Transjakarta. Jumlah armada ini masih belum cukup, karena bus-bus itu kondisi mix traffic, bercampur sama kendaraan lain. Jadi kecepatannya itu belum bisa stabil saat macet di traffic light. Itu yang membuat headway di perjalanan menjadi tidak menentu,” kata Masdes Arrofi, Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI, Senin (20/4).

Masdes mengungkapkan, idealnya armada gratis yang beroperasi pada jalur bebas kendaraan roda dua di kawasan Bundaran HI-Medan Merdeka Barat itu berjumlah 15 unit sehingga waktu kedatangan bus tidak molor seperti saat ini. Di mana waktu kedatangan bus yang seharusnya menjemput penumpang setiap dua hingga tiga menit sekali, molor menjadi sembilan sampai 11 menit sekali akibat terjebak kemacetan bersama kendaraan pribadi.

Perluas Larangan Motor, DKI akan Gelar Dengar Pendapat

“Mungkin pemberangkatan awal dari Bundaran HI itu tiga menit sekali, tetapi saat bercampur sama mobil pribadi di tengah jalan, khususnya ketika jam sibuk, headway-nya tidak bisa konsisten tiga menit kayak waktu pertama berangkat. Karena terkena macet di jalan, headway-nya jadi molor sembilan sampai 11 menit,” bebernya.

Menurutnya, kondisi seperti ini akan terus terjadi apabila di jalur tersebut tidak diberikan tambahan armada. Selain itu, kebijakan pelarangan sepeda motor melintas di koridor ini pun tidak bisa efektif mengurai kemacetan hingga 100 persen. Sebab, 10 unit armada gratis yang beroperasi saat ini belum dapat menampung kebutuhan penumpang di jalur sepanjang tiga kilometer tersebut.

“Idealnya memang ditambah lima armada lagi. Kalau tidak, headway-nya tidak akan konsisten, dan itu sudah dikeluhkan orang karena busnya belum datang-datang,” ucapnya.

Masdes mengaku telah menyampaikan persoalan kurangnya armada kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Namun, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI itu menyatakan belum perlu menambah armada karena penumpang yang menaiki 10 bus gratis di lokasi itu baru sebanyak 30-40 persen.

“Kita sudah minta PT Transjakarta tambah lima armada lagi di jalur itu, walaupun penumpang belum penuh. Karena orang juga akan malas menaiki bus gratis kalau jumlahnya kurang,” tukasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Jaksel dan Jaktim di Malam Hari

    access_time30-10-2024 remove_red_eye1157 personTiyo Surya Sakti
  2. Pemprov DKI Adakan Rakor Pilkada Ramah Anak

    access_time29-10-2024 remove_red_eye1102 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2025 Disepakati Sebesar Rp 91,1 Triliun

    access_time28-10-2024 remove_red_eye993 personDessy Suciati
  4. DPRD-Kanwil Kemenag DKI Bahas Sekolah Madrasah Gratis

    access_time29-10-2024 remove_red_eye971 personDessy Suciati
  5. Posko Bersama Pilkada Jakarta di Kepulauan Seribu Resmi Beroperasi

    access_time27-10-2024 remove_red_eye897 personBudhi Firmansyah Surapati