You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
UPM-PTSP Pulogadung Berikan 64.465 Layanan
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

UPM-PTSP Pulogadung Layani 64.465 Perizinan dan Non Perizinan

Sebanyak 64.465 permohonan perizinan dan non perizinan telah dikeluarkan Unit Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UPM-PTSP) Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, selama 2023 kemarin.

Perizinan bidang kesehatan paling dominan 

Kepala UPM-PTSP Kecamatan Pulogadung, Tri Saptanti mengatakan, 64.465 jenis layanan ini diberikan pada masyarakat melalui loket layanan di kantor kecamatan dan layanan jemput bola di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan modern. Selain itu, ada yang secara online dengan dibantu petugas antar jemput izin bermotor (AJIB).

UPM-PTSP Jatinegara Serahkan IMB Rumah Ibadah

"Secara umum, rata-rata jumlah layanan di loket ada 20 orang tiap hari. Sedangkan yang mengajukan secara online lima hingga 10 orang," ucap Tanti, Rabu (17/1).

Dijabarkan Tanti,  layanan yang telah diberikan antara lain konsultasi ada 2.275,  Izin Mendirikan Bangunan rumah 84 perizinan,  surat pernyataan pengelolaan lingkungan 38 perizinan.  

Kemudian, permohonan surat izin praktek apoteker 144,  surat izin praktek ahli teknologi laboratorium 87, surat izin praktek teknisi gizi 61 perizinan. Selanjutnya surat izin praktek perekam medis 39 perizinan, surat izin praktek tenaga sanitarian 24 perizinan.

"Perizinan bidang kesehatan paling dominan karena di wilayah kami banyak rumah sakit, klinik dan fasilitas layanan kesehatan lainnya," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Tanti, pihaknya juga melayani perizinan yang menjadi kewenangan kecamatan. Di antaranya,  pembuatan PM 1 untuk registrasi nikah ada 457 perizinan,  PM 1 untuk registrasi umum 1.099,  waris ada 1.222 perizinan dan legalisir 442 perizinan.

Lalu ada juga layanan yang menjadi kewenangan Dukcapil, seperti akte kelahiran sebanyak  4.123 perizinan, akta kematian 2.894, surat keterangan pindah keluar 4.635 perizinan dan sebagainya.

Untuk rincian per bulan, beber Tanti, pada Januari pihaknya memberikan 8.120 layanan, Februari 5.435, Maret 5,077, April 2.476, Mei 5.889 layanan.

Kemudian, Juni ada 4.353 layanan, Juli 6.143, Agustus 5.023, September 6.225, Oktober 6.101 , November 5.347 dan Desember ada 4276 layanan perizinan, non perzinan serta konsultasi yang diberikan.

Ditambahkan Tanti,  pihaknya menggelar layanan jemput bola di pasar tradisional dan modern untuk membantu pedagang yang akan mengurus Nomor Izin Berusaha (NIB). Selain itu, layanan serupa juga dilaksanakan di taman pemakaman umum (TPU) untuk perizinan perpanjang penggunaan petak makam.

Santoso (45), salah seorang pedagang di Pasar Rawamangun, mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan jemput bola untuk mengurus pembuatan nomor induk berusaha (NIB) sebagai legalitas tempat usahanya.

"Dengan pengurusan NIB, kita bisa mengembangkan usaha lebih besar. Harapannya, usaha yang kita jalani ini terus berkembang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kolaborasi Transjakarta - Telkomsel Tingkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

    access_time19-12-2024 remove_red_eye1399 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Tetapkan UMSP 2025, Ini Rinciannya

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1286 personFolmer
  3. Operasi Modifikasi Cuaca Efektif Kurangi Curah Hujan di DKI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1242 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Transjakarta Uji Coba Layanan 'Open Top Tour of Jakarta'

    access_time21-12-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Penghargaan Indeks Reformasi Hukum dari Kementerian Hukum RI

    access_time16-12-2024 remove_red_eye1087 personFolmer