You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kapal Penumpang Terbalik di Perairan Pulau Rambut
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pencarian Penumpang Kapal Terbalik di Perairan Pulau Rambut Dilanjutkan

Petugas gabungan masih melanjutkan proses pencarian penumpang Kapal Motor (KM) Parikudus yang diduga terbalik akibat cuaca ekstrem yang memicu angin kencang dan ombak tinggi di perairan bagian barat Pulau Rambut, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Kapal ini membawa penumpang 31 orang bersama tiga ABK

Kepala Sektor VIII Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Dede Budi mengatakan, KM Parikudus berangkat dari Asha Resort Pulau Payung di Kepulauan Seribu Selatan dengan tujuan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Senin (11/3) kemarin, sekitar pukul 15.30 WIB.

"Berdasarkan informasi yang didapat, saat dalam perjalanan, tepatnya pukul 16.30 kapal dihantam ombak hingga miring dan akhirnya terbalik," ujarnya, Selasa (12/3).

Kapal Satria Biru Optimalisasi Gulkarmat di Kepulauan Seribu

Dede menjelaskan, usai menerima informasi kejadian tersebut, langsung dikerahkan personel Gulkarmat bekerjasama dengan instansi terkait seperti, Basarnas hingga Polres Kepulauan Seribu untuk melakukan evakuasi penumpang dan kapal.

"KM Parikudus diketahui membawa 31 penumpang dan tiga anak buah kapal. Sampai kemarin pencarian dihentikan sementara karena faktor cuaca, masih ada satu penumpang yang belum berhasil ditemukan," terangnya.

Menurutnya, pencarian penumpang yang belum ditemukan tersebut masih akan dilanjutkan hari ini. Sementara, untuk penumpang lainnya sudah dievakuasi ke wilayah daratan pada kemarin sore, dalam kondisi aman dan tidak ada yang terluka.

"KM Parikudus langsung dievakuasi menuju Pulau Untung Jawa. Untuk menunjang kelancaran evakuasi turut dikerahkan satu kapal boat Gulkarmat dan dua dari Polres Kepulauan Seribu," ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan mengapresiasi gerak cepat seluruh instansi terkait dalam melakukan aksi penyelamatan penumpang KM Parikudus.

"Saya berharap agar cuaca hari ini mendukung untuk proses pencarian penumpang yang belum ditemukan. Semoga berhasil ditemukan dalam kondisi selamat," ucapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi dari BMKG dalam beberapa hari terakhir kondisi cuaca di perairan Kepulauan Seribu kurang baik, dengan kecepatan angin mencapai 25 knot (46 km/jam) dan ketinggian gelombang laut sekitar 0,5-1,25 meter.

"Jami juga senantiasa mengingatkan nelayan maupun wisatawan agar lebih berhati-hati dan mewaspadai cuaca ekstrem," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5642 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2945 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2716 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2650 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2587 personNurito