You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pedagang Lokbin Munjul Keluhkan Maraknya PKL diluar Pasar
Keberadaan pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang trotoar dan taman jalan raya Munjul, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung. tepatnya berada di depan pasar UPT Lokbin Munjul dikeluhkan oleh pedagang dan pengelola pasar..
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

PKL Liar Marak, Omset Pedagang Pasar Munjul Anjlok

Ratusan pedagang Lokasi Binaan (Lokbin) Pasar Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, makin resah. Pasalnya, omset dagangan mereka terus anjlok akhir-akhir. Penurunan omset tersebut dipicu karena pembeli lebih memilih berbelanja pada pedagang kaki lima (PKL)  yang berdagang di luar pasar.  

Mereka hanya cari untung sesaat. Padahal saat pasar dibuka, mereka sudah menandatangani perjanjian untuk tetap bertahan di d alam pasar

Puluhan PKL liar yang jenis jualannya rata-rata sama dengan para pedagang di Pasar Munjul itu menempati sepanjang trotoar dan taman di depan pasar. Keberadaan mereka sepertinya dibiarkan pihak kelurahan dan kecamatan setempat. Padahal, selain merugikan pedagang resmi pasar, PKL liar itu membuat lingkungan menjadi semrawut dan mengganggu arus lalu lintas.

Seksi Pelayanan Usaha Pasar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lokbin Pasar Munjul, M Amien mengatakan, sejak awal berdirinya pasar 2004 silam, PKL liar itu sudah diberikan tempat untuk berjualan di dalam pasar. Namun, mereka justru menjual kios-kiosnya dan memilih kembali berjualan di pinggir jalan. 

Basement Tergenang, Pedagang Pasar Jaya Cibubur Mengeluh

"Mereka hanya cari untung sesaat. Padahal saat pasar dibuka, mereka sudah menandatangani perjanjian untuk tetap bertahan di dalam pasar," kata Amien, Sabtu (26/4).

Amien juga menyayangkan sikap aparat Kelurahan Munjul dan Kecamatan Cipayung yang seperti membiarkan PKL liar itu tetap berjualan di luar areal pasar. “Sudah sering dibicarakan dengan lurah dan camat, tapi masih belum ada tanggapan dan tindakan," tukasnya.

Nurzanah (28 ), salah seorang pedagang makanan dan minuman Pasar Munjul mengaku, akibat banyaknya pedagang tidak resmi di luar pasar, berdampak penurunan omset. Karena pembeli lebih memilih berbelanja di luar pasar. Apalagi tempat berdagangnya pun berada di belakang pasar.

Sementara itu, Kepala UPT Lokbin DKI Jakarta,  Orada Sinurat menjelaskan, munculnya PKL liar di luar pasar resmi akibat keterbatasan lahan berjualan. Menurutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan membangun pasar untuk menampung PKL yang selama ini membuat semrawut lingkungan luar pasar.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1198 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1126 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1124 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye928 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye924 personNurito