You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
musrenbang yance jokowi
.
photo Yance Wiratman - Beritajakarta.id

Jokowi Masih Enggan Bocorkan Calon Sekda

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo masih tetap enggan membocorkan nama-nama calon sekretaris daerah (sekda) DKI yang telah diserahkan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Posisi sekda DKI sendiri sudah lowong sejak April 2013 lalu, paska Fadjar Panjaitan mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai anggota legislatif lewat bendera PDI Perjuangan.

Siapa yang bilang? tanya sama Mendagri

"Siapa yang bilang? tanya sama Mendagri," kata Jokowi di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (30/4). Selama satu tahun terakhir, posisi sekda DKI diisi oleh Asisten Sekda Bidang Pembangunan Wiryatmoko. Meski begitu, Jokowi berkali-kali menegaskan, pelayanan Pemprov DKI tidak terganggu walau belum ada sekda definitif.

Mantan walikota Solo tersebut juga membantah telah menyerahkan tiga nama calon sekda DKI pada Kemendagri. Padahal, sejak pekan lalu, di kalangan wartawan Balaikota, sudah santer beredar tiga nama calon sekda yang dijagokan Jokowi. Ketiga nama itu adalah dengan inisial S yakni Walikota Jakarta Pusat Saefullah, inisial A Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budhiman dan inisial B adalah Bambang Sugiyono Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI.

3 Nama Calon Sekda DKI Telah Diterima Kemendagri

"Yang bilang mengusulkan siapa," tanya Jokowi saat disodorkan ketiga nama itu.

Di dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, pasal 122 mengatur Gubernur Provinsi mencalonkan tiga nama untuk sekda dan diusulkan melalui Kemedagri. Undang-undang Pemerintah Daerah tersebut memiliki petunjuk teknis, yaitu Permendagri nomor 5 tahun 2005 tentang pedoman penilaian calon sekda provinsi dan kabupaten/kota serta pejabat struktural eselon II. Setelah mendagri menerima tiga nama dari Gubernur DKI, maka mendagri akan berkirim surat ke Presiden.

Berkas nama-nama calon sekda itu juga akan diteruskan kepada Jaksa Agung, Kapolri, Badan Intelejen Negara (BIN), dan Menkopolhukam. Para penegak hukum itu akan melihat rekam jejak hukum dan kelaikan calon sekda. Kemudian, hasilnya disampaikan kepada penentu akhir, yakni Wakil Presiden RI, Boediono. Tiga nama calon sekda itu akan dikirim Pemprov DKI kepada Sekretariat Negara melalui Kemendagri.

Untuk dapat menjadi seorang sekda, PNS harus berpangkat dari golongan IV-d dan IV-c. Sebelum diangkat, ia telah menjabat di eselon II. Saat ini, jumlah PNS yang memiliki pangkat golongan IV-d di DKI Jakarta berjumlah 10 orang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito