You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
17 Kelurahan di Jaksel Rentan Terkena Longsor
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

17 Kelurahan di Jaksel Rawan Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, sebanyak 17 kelurahan di wilayah Jakarta Selatan berada di zona kuning atau daerah yang mempunyai tingkat kerentanan menengah untuk terkena gerakan tanah atau longsor.

Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan

Daerah rawan itu tersebar di enam kecamatan yakni, Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

Untuk Kecamatan Cilandak, ada lima kelurahan yang berada di zona rawan gerakan tanah atau longsor menengah yakni, kelurahan Cilandak Barat, Cipete Selatan, Gandaria Selatan, Lebak Bulus, dan Pondok Labu.

Warga Dekat Tebing Waspada Longsor

Sementara Kecamatan Jagakarsa ada enam kelurahan yakni, Kelurahan Lenteng Agung, Ciganjur, Cipedak, Jagakarsa, Srengseng Sawah, dan Tanjung Barat. Zona kuning di Kecamatan Kebayoran Lama ada di Kelurahan Pondok Pinang, sedangkan di Kecamatan Mampang Prapatan ada di Kelurahan Bangka.

Selain itu ada tiga kelurahan di Pasar Minggu yang berada di zona kuning yaitu Kelurahan Cilandak Timur, Kebagusan, dan Pejaten Timur. Sedangkan untuk Kecamatan Pesanggrahan ada di Kelurahan Bintaro.

"Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Gerakan tanah lama dapat aktif kembali akibat curah hujan yang tinggi dan erosi kuat," kata Kepala Seksi Pengendalian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Basuki Rahmat, Jumat (19/2).

Menurut Basuki, kisaran kemiringan lereng di zona kuning mulai dari landai (5-15 persen) sampai curam hingga tegak (lebih dari 70 persen), tergantung pada kondisi sifat fisik dan keteknikan batuan dan tanah pelapukan pembentuk lereng.

"Di Provinsi DKI Jakarta 8,3 persen kelurahan berada di zona kuning, terdiri dari 17 kelurahan di Jakarta Selatan dan lima kelurahan di Jakarta Timur. Walaupun wilayah di kelurahan tersebut yang berada di zona kuning hanya wilayah yang berada di pinggir-pinggir sungai, dan wilayah kelurahan mayoritas berada di zona hijau (kerentanan gerakan tanah rendah)," tandas Basuki.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3957 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3498 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3326 personAnita Karyati
  4. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3261 personNurito
  5. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3261 personBudhi Firmansyah Surapati