You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
e-ticket transjakarta istimewa
e-ticket transjakarta istimewa .
photo doc - Beritajakarta.id

Bus Transjakarta Segera Terapkan Tiket Elektronik Terpadu

Rencana penggunaan tiket elektronik bus Transjakarta akan diberlakukan mulai tahun ini. Nantinya, tiket bus Transjakarta akan terintegrasi dengan moda transportasi ibu kota lainnya seperti Commuterline/KRL dan Mass Rapid Transit (MRT).

Pakai tiket elektronik untuk bertransaksi

Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Kosasih mengatakan, rencana PT Transjakarta untuk memberlakukan tiket perjalanan yang terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti KRL dan MRT akan diterapakan tahun ini juga. Menurutnya, manajemen kereta api dalam hal ini Dirut PT KAI sudah menyatakan persetujuannya dengan integrasi tersebut. Namun, penerapan dilakukan secara bertahap di mana pembayaran manual masih bisa juga dilakukan. Sedangkan awal Januari 2015 pihaknya tidak lagi menerima pembayaran tiket dalam bentuk uang kas dengan pembayaran secara manual.

"Pakai tiket elektronik untuk bertransaksi," ucap Kosasih di Balaikota, Senin (16/6).

Sopir Bus Transjakarta Wajib Ikut Sertifikasi

Halte bus Transjakarta yang direncanakan akan terintegrasi terseebut akan diprioritaskan pada dua bagian. Pertama, pada Stasiun Cawang, Pasar Minggu dan Jatinegara. Kedua, akan berada tepat di Stasiun Manggarai, Juanda dan Sudirman.

Kendati demikian, rencana tiket tunggal yang terintegrasi tersebut, saat ini belum dapat direalisasikan lantaran harus berkoordinasi dengan pihak Bank Indonesia. Sebab, menurutnya, penerapan tersebut dianggap sebagai sebuah uang elektronik yang disimpan di dalam kartu.

"Karena untuk itu, harus ada izin dari BI. Karena dianggap uang elektronik yang disimpan dalam kartu. Nah itu kita akan koordinasikan," ucapnya.

Untuk mendapatkan tiket tersebut, nantinya penumpang hanya cukup untuk melakukan top-up di bank-bank yang telah ditentukan atau juga bisa melakukannya di stasiun-stasiun yang akan terintegrasi. Upaya pengadaan tiket tersebut, akan diupayakan oleh pihak PT Transjakarta guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta untuk mencegah potensi-potensi kebocoran keuangan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2645 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2269 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1879 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1356 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1220 personAnita Karyati