You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
KPLH Jaksel akan Gelar Uji Emisi di 3 Titik
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

KPLH Jaksel akan Gelar Uji Emisi di 3 Titik

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan akan menggelar uji emisi kendaraan bermotor para 17-19 Mei mendatang. Kegiatan ini ini akan dilaksanakan di tiga titik yang berbeda.

Jalan Karang Tengah mewakili permukiman, untuk perkantoran di Kalibata, sedangkan industri di TB Simatupang

Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup (KPLH) Jakarta Selatan, Dian Wiwekowati mengatakan, hari pertama uji emisi dilaksanakan di depan Villa Delima, Jalan Karang Tengah Raya, Cilandak. Kemudian hari kedua berlokasi di halaman parkir Taman Makam Kalibata, Pancoran. Dan hari terakhir, uji emisi dilaksanakan di depan Gedung Caraka, Jalan TB Simatupang, Jagakarsa.

Kegiatan ini, lanjut Dian, menindaklanjuti Pergub Nomor 31 Tahun 2007 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta dan Pergub Nomor 92 Tahun 2007 tentang Uji Emisi dan Perawatan Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta.

24 Angkutan di Terminal Rawamangun Lulus Uji Emisi

Dan ditargetkan, dalam tiga hari 1.500 kendaraan roda empat diuji emisi dari ketiga lokasi tersebut, dengan masing-masing lokasi 500 kendaraan.

"Dari sini kita tahu berapa persen yang lolos dan tidak lolos. Sehingga bisa diketahui kualitas udara di DKI dari sumber pencemar kendaraan roda empat ke atas. Itu sudah mewakili yang diminta oleh Kementerian Lingkungan Hidup," kata Dian, Senin (16/5).

Ditambahkan Dian, uji emisi di tiga lokasi ini dipilih sesuai dengan pengelompokan yang terdiri permukiman, perkantoran, dan industri. "Jalan Karang Tengah mewakili permukiman, untuk perkantoran di Kalibata, sedangkan industri di TB Simatupang," tutur Dian.

Kendaraan yang melintas di jalan tersebut nantinya akan diarahkan oleh petugas ke tenda pengujian. Sedikitnya dibangun tiga tenda pengujian, dua tenda untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, dan tenda lain untuk kendaraan dengan bahan bakar solar. Perlu diketahui bahwa uji emisi ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

"Nggak hanya kendaraan yang melintas saja, warga yang ingin menguji emisi kendaraannya bisa datang ke sana. Kami akan berikan surat lulus dan tidak lulus uji emisi," tandas Dian.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1154 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1082 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito