You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Saya baca di media, dia (Roy) bilang 'baru jadi Pelaksana Tugas Gubernur saja sudah berani desak men
Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama membantah telah mendesak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo agar segera menerbitkan rekomendasi .
photo doc - Beritajakarta.id

DKI Bangun Sistem untuk Kendalikan Inflasi

Ancaman inflasi di ibu kota coba diatasi Pemprov DKI dengan membangun Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang diberi nama Informasi Pangan Jakarta (IPJ) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI). Selain berguna bagi warga Jakarta untuk melakukan pengecekan harga pangan terkini, IPJ juga berfungsi mengendalikan inflasi di ibu kota.

DKI membangun sistem, di mana masyarakat bisa melihat dan memasukkan harga pangan untuk mengendalikan inflasi di ibu kota

"DKI membangun sistem, di mana masyarakat bisa melihat dan memasukkan harga pangan untuk mengendalikan inflasi di ibu kota," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Kamis (26/6).

Dengan pembentukan IPJ, Basuki berharap, masyarakat dapat memperoleh informasi akurat seputar harga pangan. IPJ juga diharapkan dapat menjadi patokan harga pangan di pasaran.

Daging Ayam dan Ikan di Jaksel Bebas Formalin

"Alhasil, pelaku pasar tidak lagi mematok harga pangan setinggi-tingginya," papar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Basuki mengungkapkan, pengembangan IPJ ini diprakarsai oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta bersama Pemprov DKI, BI, dan PD Pasar Jaya. Pengendalian inflasi ini dinilai sangat penting, karena DKI Jakarta menjadi barometer perkembangan ekonomi bagi daerah lain.

"Apalagi Jakarta sebagai kota metropolitan menjadi barometer perekonomian nasional. IPJ ini, saya harapkan bakal berkontribusi besar dalam pembentukan angka inflasi nasional," ucapnya.

Dengan adanya IPJ, masyarakat dapat mengakses informasi harga 34 komoditas pangan di situs http://infopangan.jakarta.go.id. Dalam situs IPJ ini mencakup informasi harga komoditas pangan strategis di 13 pasar di Jakarta, terdiri dari dua pasar induk (Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Induk Kramat Jati) dan 11 pasar lainnya yang tersebar di lima wilayah ibu kota yakni Pasar Senen, Pasar Jembatan Merah, Pasar Minggu, Pasar Glodok, Pasar Grogol, Pasar Pramuka, Pasar Mayestik, Pasar Jatinegara, Pasar Kramat Jati, Pasar Sunter, dan Pasar Rawa Badak.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1220 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1115 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1046 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye906 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing