You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Semperbarat Hias TPS dengan Pernak-pernik Sampah Daur Ulang
Warga Semperbarat Hias TPS dengan Pernak-pernik Sampah Daur Ulang .
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

Warga Hias TPS dengan Barang Bekas

Hajatan Pemilu Presiden 2014 benar-benar dimanfaatkan warga sebagai pesta rakyat. Karena itu, warga pun tak mau ketinggalan memeriahkan agenda lima tahunan tersebut. Salah satunya warga RW 09 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, yang menyulap lokasi Bank Sampah Karya Peduli di Jl Beting Indah No 4, menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan nuansa janur kuning.

Nanti pas di pencelupan jari ke tinta akan dijaga oleh petugas dengan pakaian petani

Uniknya, hampir seluruh ornamen dan pernak-pernik penghias TPS 068 itu berbahan dari sampah yang didaur ulang. Ornamen tersebut di antaranya adalah 9 janur kuning yang terbuat dari kardus bekas di sepanjang jalan menuju TPS. Sedangkan untuk pernak-pernik di antaranya ada 7 lampu lampion dari kardus yang dipadu dengan botol plastik bekas.

Selain itu, pintu masuk di kedua sisi dibangun ornamen Islam dari kaleng bekas yang dihiasi kardus dan tutup botol bekas. Untuk memberi kesan jika sekarang bulan Ramadan, tak lupa panitia membuat replika beduk dari ember bekas yang dibalut kertas.

Logistik Pemilu Pulau Seribu Rampung Hari ini

Ketua RW 09, Kelurahan Semper Barat, Nanang Suwardi, mengatakan selain menghiasi TPS dengan berbagai ornamen dan pernak-pernik daur ulang, petugas di TPS juga akan mengenakan kostum. Hal itu dilakukan warganya untuk menyemarakkan pemilu.

"Pintu masuk dijaga oleh petugas berkostum nelayan. Kemudian  warga akan mengambil kertas suara di meja eksekutif, di sana petugas KPPS akan mengenakan kostum dokter, eksekutif muda dan alim ulama dengan sorban," ujarnya, Selasa (8/7).

Setelah mengambil kertas suara, lanjutnya, warga akan diantar ke bilik suara oleh salah satu petugas KPPS yang nengenakan baju montir. Kemudian setelah memberikan suaranya warga akan memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas yang menggunakan baju pemulung.

"Nanti pas di pencelupan jari ke tinta akan dijaga oleh petugas dengan pakaian petani," lanjutnya.

Diharapkan dengan menghias TPS, sekitar 600 warganya yang memiliki hak pilih antusias menyalurkan suaranya pada tanggal 9 Juli besok.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1478 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1279 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1246 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1123 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye869 personFolmer