You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Selama Arus Mudik, KRL Tidak Berhenti di Stasiun Senen
.
photo doc - Beritajakarta.id

Musim Mudik, KRL Tak Berhenti di Stasiun Senen

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada para calon pemudik, mulai 18 Juli-8 Agustus, kereta rel listrik (KRL) Commuter Line tidak akan berhenti di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kebijakan yang diterapkan PT Kereta Aapi Indonesia (KAI) Daops I ini agar tidak terjadi penumpukan penumpang di stasiun tersebut. Terlebih dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak calon pemudik yang rela menginap di Stasiun Pasar Senen.

Silahkan penumpang KRL Commuter Line yang biasa naik turun di Stasiun Pasar Senen, beralih ke stasiun terdekat, seperti Stasiun Kemayoran atau Kramat

Kepala Humas Daops I PT KAI, Agus Komarudin mengatakan, larangan KRL Commuter Line berhenti di Stasiun Pasar Senen ini sudah berlaku lama, rutin setiap menjelang lebaran. Hal ini dilakukan karena volume calon pemudik selalu membeludak hingga mencapai ribuan orang. Sehingga agar tidak terjadi benturan dengan penumpang dalam kota, KRL Commuter Line tidak berhenti di stasiun tersebut.

"Selama arus mudik dan arus balik, mulai dari 18 Juli-8 Agustus, KRL Commuter Line tidak berhenti di Stasiun Pasar Senen. Silahkan penumpang KRL Commuter Line yang biasa naik turun di Stasiun Pasar Senen, beralih ke stasiun terdekat, seperti Stasiun Kemayoran atau Kramat," ujar Agus Komarudin, Sabtu (12/7).

4 PO Bus Layani Pemudik di Terminal Pulogebang

Selain itu, Agus juga menghimbau pada calon pemudik agar tidak menginap di Stasiun Pasar Senen. Hal ini hanya akan menambah sesak kondisi stasiun. Calon pemudik, hanya diperkenankan masuk ke Stasiun Pasar Senen satu jam sebelum pemberangkatan kereta api yang akan dinaikinya. Selebihnya, penumpang tidak akan bisa masuk ke dalam areal stasiun.

"Sudah jadi tradisi, para pemudik ini selalu menginap di stasiun bahkan ada yang menginap sampai seminggu. Mulai saat ini mereka tak boleh lagi menginap di stasiun, datanglah satu jam sebelum keberangkatan," lanjut Agus.

Sementara, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, PT KAI Daops I akan menyiapkan dua kereta api baru, yakni KA jurusan Jakarta-Semarang Tawang dan Jakarta-Kutoarjo. Masing-masing gerbong KA baru ini memiliki 80 tempat duduk.

Selama arus mudik, PT KAI Daops I menyiapkan 54 perjalanan KA reguler dan 12 KA tambahan dengan volume penumpang 33.802 per hari. Kemudian armada lokomotif sebanyak 48 unit, yang terdiri dari 45 unit lokomotif dinas dan 3 unit cadangan, dengan jumlah kereta sebanyak 262 unit.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye894 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing