You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pedagang Kaki Lima PKL Monas
.
photo doc - Beritajakarta.id

Penertiban PKL Monas Dituntaskan Pekan Depan

Selang sehari setelah ditertibkan, pedagang kaki lima (PKL) kembali menggelar lapak di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Pekan depan, pada 7 Agustus mendatang, kami akan gelar lagi penertiban PKL dan PMKS di Monas. Kami akan  tuntaskan semuanya

Pantauan beritajakarta.com, Minggu (3/8), ratusan pedagang kembali menggelar lapak di areal Monas. Tak hanya itu, puluhan gerobak milik PKL juga berseliweran di kawasan taman Monas. Disinyalir para PKL masuk ke areal Monas melalui sejumlah celah pagar lapangan parkir IRTI yang sengaja dijebol.

Anehnya, tidak tampak satupun petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berjaga-jaga di kawasan wisata termurah dan terfavorit di ibu kota itu.

Giliran PKL Tanah Abang Ditertibkan

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso mengakui bahwa penertiban PKL dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di kawasan Monas belum tuntas.

"Pekan depan, pada 7 Agustus mendatang, kami akan gelar lagi penertiban PKL dan PMKS di Monas. Kami akan tuntaskan semuanya," ungkap Kukuh, saat dihubungi beritajakarta.com, Minggu (3/8).

Ia mengungkapkan, belum tuntasnya penertiban PKL di Monas disebabkan masih adanya lokasi binaan (lokbin) usaha kecil menengah (UKM) di samping lapangan IRTI yang diduga beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan logistik para PKL. Saat ini, lapangan IRTI sedang direnovasi. Lokbin itu dipindah ke samping IRTI dan tak jauh dari kandang rusa.

"Pada penertiban Sabtu kemarin, sebagian besar pedagang sudah tidak ada, tapi barang dagangan mereka disembunyikan di dalam lokbin dan taman Monas," ujarnya.

Ia menegaskan, pada penertiban pekan depan, pihaknya akan mengerahkan personel gabungan lebih banyak lagi. "Sebanyak 1.500 personel Satpol PP dibantu Polri dan TNI akan dikerahkan untuk menertibkan PKL di kawasan Monas," tegasnya.

Kukuh menambahkan, penertiban tersebut tidak hanya sekadar mengincar para PKL yang berseliweran di kawasan Monas, tetapi juga menertibkan para tunawisma yang kerap tidur di bangku taman Monas maupun rumput Monas.

"Sebanyak 19 orang berstatus tunawisma berhasil diamankan pada penertiban Sabtu kemarin. Mereka langsung dibawa ke panti sosial," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1821 personNurito
  2. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1819 personAnita Karyati
  3. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1816 personNurito
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1785 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1737 personAnita Karyati