You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama menduga patahnya bus Transjakarta koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang) di Jatinegara, Jakarta Timur akibat banyaknya jalur Transjakarta yang bergelombang. .
photo doc - Beritajakarta.id

Basuki: Bus Patah Karena Jalan Bergelombang

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama menduga patahnya bus Transjakarta koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang) di Jatinegara, Jakarta Timur akibat banyaknya jalur Transjakarta yang bergelombang.

Makanya saya bilang ke Dinas Pekerjaan Umum, bus itu jalannya tidak boleh bergelombang. Karena bus panjang itu kan ada sambungannya

"Makanya saya bilang ke Dinas Pekerjaan Umum, bus itu jalannya tidak boleh bergelombang. Karena bus panjang itu kan ada sambungannya. Kalau dia ngayun, mau jenis apapun pasti patah," kata Basuki di Balaikota, Kamis (7/8).

Bus Transjakarta Gandeng Terlepas

Dikatakan Basuki, jika kondisi jalan bergelombang, bus sebagus apapun bisa mengalami kerusakan. Kendati demikian, pihaknya masih akan melakukan kajian terlebih dahulu penyebab patahnya bus Transjakarta. Karena bisa juga disebabkan karena kondisi bus yang tidak baik.

"Yang bagus saja bisa patah, apa lagi yang tidak bagus. Sementara karena jalan, tapi bisa juga karena kondisi busnya. Makanya saya bilang merek yang tidak terkenal di dunia kita tidak tahu kelemahannya dimana," kata mantan Bupati Belitung Timur ini.

Dia mencontohkan pengadaan bus tingkat wisata yang telah dibeli oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI  yang bermerek Wei Chai dengan harga Rp 3,3 miliar. Sementara salah satu perusahaan swasta berniat menyumbang bus serupa dengan merek Mercedes Benz seharga Rp 2,8 miliar, ditambah kontrak service senilai Rp 1,4 miliar.

Menurut Basuki, meski terdapat perbedaan harga, namun pihak Mercedes Benz memberikan garansi selama tujuh tahun. Sementara jika bus dari merek Wei Chai tidak mendapatkan garansi.  "Ini tambah Rp 1,4 miliar dapat garansi 7 tahun. Artinya kamu lebih baik mahal sedikit tapi dapat garansi. Dari pada 1-2 tahun sudah patah," tegasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito