You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sistem E-Ticketing Bisa Ketahui Pola Perjalanan Penumpang
.
photo doc - Beritajakarta.id

E-Ticketing Rekam Pola Perjalanan Penumpang Transjakarta

Penerapan sistem tiket elektronik atau e-ticketing bus Transjakarta telah dimulai di koridor I (Blok M-Kota), Senin (11/8) kemarin. Dengan diberlakukannya sistem tersebut, nantinya dapat diketahui melalui rekam database bank, pola perjalanan penumpang dan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pemetaan trayek baru.

Setiap penumpang kan harus tap. Nah tap itu untuk database bank siapa penumpangnya, naik jam berapa. Dengan begitu kami bisa tahu penumpang naik jam berapa, tinggal dimana

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dengan melakukan tapping kartu elektronik di mesin yang tersedia, secara otomatis jam masuk dan keluarnya penumpang terekam dalam database bank. Karena dengan demikian bisa diketahui pola perjalanan penumpang baik dari waktu maupun tujuan.

"Setiap penumpang kan harus tap (tapping kartu elektronik). Nah, tap itu untuk database bank siapa penumpangnya, naik jam berapa. Dengan begitu kami bisa tahu penumpang naik jam berapa, tinggal dimana," kata Basuki, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (12/8).

2015, Seluruh Koridor Transjakarta Gunakan E-Ticketing

Data tersebut, lanjut Basuki, bisa dijadikan sebagai bahan untuk menentukan trayek baru yang paling diminati oleh penumpang. "Dengan begitu kami bisa tahu pola penumpang yang naik untuk tujuan kemana, paling dominan mana, supaya bisa kami bikin trayek baru," ucapnya.

Selain itu, penggunaan e-ticketing dapat digunakan untuk mengatur harga tiket bus agar lebih murah di waktu-waktu sepi penumpang. Begitu juga sebaliknya. Karena rencananya nantinya akan diterapkan tarif Transjakarta yang disesuaikan dengan jauh dekatnya tujuan penumpang.

"Terus kita bisa ngatur kalau di jam tersibuk dengan dominan penumpang paling banyak ke arah ini. Kita atur supaya bus itu bisa tembak trayek langsung ke tujuan yang penumpangnya paling banyak dan dominan," tandas Basuki.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2648 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2271 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1884 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye1603 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1224 personAnita Karyati