You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tidak Memiliki KTP DKI, Pedagang Lama IRTI Akan Dicoret Dari Daftar
Menurut .
photo doc - Beritajakarta.id

273 KTP Warga Pendatang Disita

Penertiban pendatang baru dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta lewat operasi Bina Kependudukan (Biduk) di wilayah Kelurahan Sukapura, Cilincing. Lewat operasi tersebut, 273 Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga pendatang ditahan lantaran tidak sesuai domisili.

Kebanyakan para pendatang mengontrak di lingkungan RW 01 dan RW 04. Mereka memilih di sana karena memang berdekatan dengan KBN

   

Operasi Biduk digelar secara mendadak mulai pukul 17.00 hingga 21.00 malam. Ratusan petugas gabungan dari Dukcapil, Satpol PP, TNI, kepolisian, menyisir RW 01 dan RW 04 Kelurahan Sukapura.

68.573 Pendatang Baru Masuk Ibu Kota

Selanjutnya, warga yang kedapatan tidak sesuai domisili, KTP-nya langsung disita dan diwajibkan untuk langsung membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) yang berlaku selama setahun. Apabila masa berlaku SKDS telah habis, orang yang bersangkutan bisa memperpanjang setahun lagi.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea, mengatakan, kegiatan di Sukapura merupakan rangkaian pertama dari 2 kali yang direncanakan. Selanjutnya putaran kedua akan dilakukan di daerah padat lainnya, seperti di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan.

"Saat operasi Biduk ini kami menjaring pendatang baru yang belum melaporkan diri ke kelurahan sebanyak 273 penduduk. Di kelurahan langsung kita proses pembuatan SKDS-nya," ujar Purba, Sabtu (16/8).

Pihaknya, kata Purba, mengimbau agar para pendatang yang hendak mencari pekerjaan untuk segera melaporkan diri ke ketua RT/RW atau pun kelurahan. Bila memang sudah menetap, agar segera membuat surat pindah agar KTP-nya sesuai domisili.

"Kami ingatkan kepada mereka untuk segera urus domisili mereka. Dan kalau di Jakarta sudah ada kerjaan, serta tempat tinggal, langsung lapor RT/RW untuk segera buat surat pindah," tuturnya.

Lurah Sukapura, Muhammad Andri, menuturkan di Kelurahan Sukapura berpenduduk sebanyak 65.357 jiwa. Diakuinya pasca Lebaran banyak pendatang baru yang mencari peruntungan. Biasanya mereka menetap di beberapa pemukiman di wilayahnya yang berdekatan dengan KBN Cakung-Cilincing.

"Kebanyakan para pendatang mengontrak di lingkungan RW 01 dan RW 04. Mereka memilih di sana karena memang berdekatan dengan KBN," ujarnya.

Rosmawati (29), salah seorang pendatang baru yang mengontrak di RT 01/04, Sukapura, kedapatan tidak memiliki KTP sesuai domisili. Dirinya mengaku baru datang dari Lampung sekitar seminggu lalu untuk mencari pekerjaan.

"Saya dapat informasi dari teman kalau setiap habis Lebaran pabrik-pabrik di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Cakung buka banyak lowongan. Makanya saya kemari," katanya.

Dirinya mengakui selama ini belum melapor diri ke RT/RW setempat. Ia beralasan belum sempat melaporkan keberadaannya karena setiap hari sibuk mencari pekerjaan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye848 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati