You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ktp warga sawah besar
.
photo Suriaman Panjaitan - Beritajakarta.id

988 Warga Sawah Besar Tidak Punya KTP DKI

Operasi Bina Kependudukan (Biduk) digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat di wilayah Kecamatan Sawah Besar. Hasilnya, sebanyak 988 warga terjaring lantaran tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Mereka yang terjaring kemudian diminta untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) di kelurahan masing-masing

Dari 988 warga yang terjaring di antaranya, sebanyak 245 orang terjaring di Kelurahan Karang Anyar, 192 orang di Kelurahan Kartini, 214 orang di Kelurahan Gunung Sahari Utara, 200 orang di Kelurahan Mangga Dua Selatan, 137 orang di Kelurahan Pasar Baru, serta 1 orang bernama Martial Njanpou Nano asal Kamerun yang tinggal di kosan RT 01/09, Kelurahan Karang Anyar. Warga Negara Asing (WNA) tersebut diketahui hanya memiliki visa, sedangkan paspornya telah kadaluarsa sejak Oktober 2013 lalu.

"Mereka yang terjaring kemudian diminta untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) di kelurahan masing-masing. Sementara warga negara Kamerun yang mengaku berprofesi sebagai pemain bola sebuah klub di Tangerang itu akan diserahkan ke pihak imigrasi untuk dideportasi ke negara asalnya," ujar Rustam Effendi, Plt Walikota Jakarta Pusat, Kamis (14/8).

200 Warga Pendatang di Pasar Minggu Dapat SKDS

Menurutnya, sebanyak 317 warga di antaranya telah selesai dibuatkan SKDS. Sedangkan sisanya masih dalam proses di kelurahan masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI, Purba Hutapea menambahkan, Operasi Biduk dilakukan pihaknya sebagai salah satu cara menekan penduduk liar dan mendata warga luar DKI yang mengadu nasib di Jakarta.

"Dalam tiga tahun terakhir ini laju penambahan penduduk yang masuk ke DKI Jakarta cukup besar. Naik sekitar 30 persen. Hal ini harus disikapi dengan serius, karena  selama ini masyarakat masih menganggap Jakarta sebagai surga uang dan dapat merubah nasib mereka," kata Purba.

Padahal, untuk datang dan mengadu nasib di Jakarta, harus memiliki keahlian dan kesiapan mental. Karena itu, jika hanya bermodal nekat dan ikut-ikutan, pihaknya mengimbau agar warga tidak datang ke Jakarta. "Umumnya wilayah yang dijadikan sasaran kedatangan penduduk liar itu berada di wilayah kumuh dan padat seperti Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat," tandasnya

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1113 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye898 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye819 personAldi Geri Lumban Tobing