You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemprov Diminta Rumuskan Kriteria Deviden untuk BUMD
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemprov Diminta Rumuskan Kriteria Deviden untuk BUMD

Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, meminta pemprov merumuskan kriteria deviden berdasarkan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) yang telah diterima Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Ini juga sesuai amanat dari audit BPK yang meminta evaluasi penyertaan modal daerah sehingga bisa mencapai target sasaran

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Manuara Siahaan mengatakan, perumusan kriteria ini untuk mengetahui sejauh mana BUMD milik Pemprov DKI yang telah menerima anggaran PMP mampu memberikan keuntungan ke kas daerah.

Djarot Minta BUMD Terus Berinovasi

"Dewan belum pernah mendapat penjelasan dari Badan Pembinaan BUMD berapa sebetulnya badan usaha daerah mampu menyerap penyertaan modal yang diberikan, sehingga tercapai titik optimal beroperasi," ujar Manuara, saat rapat kerja bersama direksi BUMD, Senin (24/7).  

Manuara berharap, BP BUMD DKI Jakarta saat ini mulai menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait kemampuan penyerapan modal kerja bagi BUMD.  

"Ini juga sesuai amanat dari audit BPK yang meminta evaluasi penyertaan modal daerah sehingga bisa mencapai target sasaran," katanya. 

Menjawab aspirasi dewan, Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta, Yurianto menjelaskan, pihaknya baru tahun ini mendapat penugasan untuk menangani penyertaan modal bagi BUMD. 

"Sebelumnya, Badan Pengelola Keuangan Daerah yang menangani PMP bagi BUMD," katanya. 

Ia mengungkapkan, akan menyusun rencana pengusulan PMP bagi BUMD dalam APBD DKI 2018. Termasuk, korelasi antara deviden dengan penyertaan modal daerah yang telah diterima BUMD. 

"Kami akan jelaskan sejumlah BUMD yang tidak mendapat deviden, tapi menerima PMP. Keuntungan yang diperoleh bukan secara finansial, tapi ekonomi," tuturnya. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye3015 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2939 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2923 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2879 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2682 personAldi Geri Lumban Tobing