You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Paling tinggi pengidap HIV/AIDS di Jakarta Timur adalah usia produktif 15-24 tahun.
Jakarta Timur tercatat ada 432 kasus yang meliputi 102 kasus HIV dan 330 AIDS. .
photo doc - Beritajakarta.id

Januari-Agustus, 25 Orang Positif HIV/AIDS

Banyaknya tempat hiburan di Jakarta Barat, khususnya di Kecamatan Tamansari dinilai menjadi salah satu faktor penyebaran penyakit HIV/AIDS. Tercatat, dari Januari hingga Agustus 2014, sebanyak 25 warga Tamansari diidentifikasi positif mengidap HIV/AIDS.

Tahun ini justru menurun, dari jumlah yang melakukan VCT 434 dan yang positif sebanyak 25 orang, lebih rendah dari tahun lalu

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2013, sebanyak 548 orang yang diperiksa melalui Voluntari Counseling Test (VCT) atau pemeriksaan HIV dini, 35 orang dinyatakan positif.  

"Tahun ini justru menurun, dari jumlah yang melakukan VCT 434 dan yang positif sebanyak 25 orang, lebih rendah dari tahun lalu," ujar dr. Yeni, Kepala Puskesmas Kelurahan Tamansari, Selasa (16/9).

Usia Produktif Rawan Tertular HIV/AIDS

Namun demikian, kata Yeni, penurunan jumlah tersebut harus tetap diwaspadai. Sebab, virus HIV merupakan virus yang dapat menyebar. Menurut Yeni, jika tidak dicegah sejak dini, kemungkinan jumlah tersebut terus bertambah seiring menjamurnya tempat hiburan yang ada di Kelurahan Tamansari.

Pengidap penyakit tersebut, lanjut Yeni, antara lain wanita pekerja seks komersial (PSK) dan laki-laki pelanggannya, waria, serta laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki lain dengan usia rata-rata 15-50 tahun.

"Kemarin kami baru mendapatkan yang usianya 54 tahun dan ia masih aktif manjadi pekerja seks," ucapnya.

Wakil Camat Tamansari, Haryadi mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk menekan jumlah pengidap HIV/AIDS, antara lain dengan membuat Memorandum of Understanding (MOU) dengan pemilik tempat usaha hiburan serta melakukan pemeriksaan berkala pegawai tempat hiburan tersebut.

Selain itu, tambah Haryadi, pihaknya juga telah melakukan penguatan kelembagaan kelompok kerja (Pokja) HIV/AIDS tingkat kelurahan hingga tingkat RW dan kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat untuk pendekatan ke PSK yang ada di Kelurahan Tamansari.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye976 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing