You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tidak Ada Tps, Kemayoran Darurat Sampah
Kecamatan Kemayoran benar-benar darurat sampah, bagaimana tidak di kecamatan yang terdiri dari delapan kelurahan tersebut dan yang juga adalah kawasan padat penduduk belum memiliki Tempat Pembuangan Sampah.Alhasil jalan raya yang peruntukannya un.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Sampah Menumpuk, Kemayoran Minim TPS

Tidak adanya tempat pembuangan sampah (TPS) membuat banyak tumpukan sampah warga berserakan di sekitar Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Alhasil, kondisi tersebut sangat mengganggu warga.

Tugas kita hanya mengangkut dari LPS ke TPS tapi sampai saat ini belum ada TPS-nya jadi langsung dibawa ke Bantargebang

Tumpukan sampah cukup banyak terlihat di Jalan Bungur, Jalan Benyamin Sueb, dan Jalan Serdang yang letaknya tak jauh dari kantor Kecamatan Kemayoran. Akibatnya, banyak jalan yang difungsikan sebagai lokasi pembuangan sampah (LPS).

Kepala Seksi Pengendalian Kebersihan, Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat, Suhama mengatakan, pihaknya kewalahan untuk melakukan pengangkutan sampah karena tidak ada TPS resmi di Kecamatan Kemayoran.

Sampah Menumpuk di Jl Benyamin Sueb

"Tugas kita hanya mengangkut dari LPS ke TPS tapi sampai saat ini belum ada TPS-nya jadi langsung dibawa ke Bantargebang," ujarnya, Sabtu (11/10).

Untuk lahan TPS, kata Suhama, setidaknya dibutuhkan lahan seluas 200 meter persegi. Namun, hal itu belum bisa dipenuhi sehingga sampah banyak menumpuk di jalan raya.

"Seharusnya diangkut setiap pagi, hanya saja itu kan terpencar LPS-nya, untuk teknis silakan ke kasie kebersihan kecamatan," tuturnya.

Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Kemayoran, Rina Yulia Farawati mengatakan, pihaknya melakukan pengangkutan sampah setiap pagi. Hanya saja, ketika kendaraan sudah jalan, masih tetap banyak gerobak sampah yang datang dan buang sampah lagi di jalan.

"Gerobak itu bisa sampai tiga empat kali datang dalam sehari, kita kan cuma angkut pagi hari saja, makanya masih banyak sampah numpuk," ujarnya.

Saat ini, lanjut Suhama, memang tidak ada TPS di Kecamatan Kemayoran, namun pihaknya mengaku itu adalah menjadi tugas camat dan lurah untuk mencarikan.

"Memang susah mencarikan lahan sampah, apalagi kalau ada warga punya tanah ketika tahu tempatnya mau dibuat TPS pasti batal jual, camat lah yang mengupayakan, kalau memang ada kita kan bisa langsung proses ke sudin," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1210 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1088 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1033 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye802 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye767 personBudhi Firmansyah Surapati