You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Mendagri Minta DPRD Segera Gelar Paripurna Pengangkatan Ahok
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pengangkatan Ahok Tidak Bisa Ditawar Lagi

Langkah Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi gubernur definitif semakin terbuka. Bahkan, Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI menilai rencana pelantikan Ahok sebagai Gubernur DKI pada pertengahan November ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Hal tersebut menyusul adanya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menguatkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014.

Surat Kemendagri tersebut sudah sangat tegas, bahwa pengangkatan Basuki T Purnama sebagai Gubernur DKI tidak bisa ditawar-tawar lagi

"Surat Kemendagri tersebut sudah sangat tegas, bahwa pengangkatan Basuki T Purnama sebagai Gubernur DKI tidak bisa ditawar-tawar lagi," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Jhony Simanjuntak, Senin (3/11).

Fraksi DPRD Sepakat Basuki Dilantik jadi Gubernur

Atas dasar itu, Jhony meminta kepada seluruh fraksi lain di DPRD DKI agar menghentikan polemik pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kami mengimbau ke fraksi-fraksi lain agar polemik masalah tersebut sudah bisa diakhiri," pintanya.

Menurut Jhony, surat dari Kemendagri dengan Nomor 121.31/4480/OTDA itu telah diatur mekanisme pengangkatan Ahok dari jabatan Wakil Gubernur DKI menjadi Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan periode 2012-2017.

"Surat Kemendagri itu juga menguatkan Perppu Nomor 1 Tahun 2014, pasal 203 ayat 1 yang berbunyi dalam hal terjadi kekosongan gubernur, bupati, dan walikota yang diangkat berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah wakil gubernur, wakil bupati dan wakil walikota menggantikan gubernur, bupati dan walikota sampai dengan berakhir masa jabatannya," bebernya.

Walau demikian, Jhony menyatakan tetap menghargai langkah dari fraksi-fraksi lain yang meminta fatwa Mahkamah Agung (MA) perihal pengangkatan Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Silakan saja teman-teman dari fraksi lain mengajukan fatwa ke MA. Kami tegaskan surat Kemendagri sudah sangat jelas menyebutkan segera melantik Pak Ahok menjadi Gubernur Jakarta," tukasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati