You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 242 Warga Jatinegara Ikuti Pemeriksaan Kanker Rahim
.
photo Adi Alfiyan - Beritajakarta.id

242 Warga Jatinegara Ikuti Pemeriksaan Kanker Rahim

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DPW) DKI Jakarta, Veronica Basuki melakukan teleconfrece dengan Ketua Umum DPW, Iriana Joko Widodo, Selasa (21/4). Teleconfrence tersebut terkait program pemeriksaan kanker rahim yang diikuti 242 warga Jatinegara melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Denton Asam).  

Selama ini pemeriksaan IVA hanya dilakukan di puskesmas. Namun banyak masyarakat enggan untuk datang dengan berbagai macam alasan

Dalam teleconfrence, Veronika Basuki melaporkan pada Iriana Jokowi, di kecamatan Jatinegara, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan IVA terhadap 242 warga.

"Mohon izin ibu, saya mau melaporkan bahwa di Puskesmas Jatinegara, ada 242 warga yang melakukan pemeriksaan IVA," ujar Veronika saat berdialog dengan Iriana.

Puskesmas di DKI Layani Pemeriksaan Kanker Rahim

Iriana kemudian meminta agar pemeriksaan IVA dilakukan sampai tuntas. Puskesmas juga diminta untuk tidak tutup sebelum pemeriksaan berakhir 100 persen.

Disebutkan Veronica, pada tahun 2015, ditargetkan 500 ribu warga DKI yang menjalani pemeriksaan IVA. Bahkan hingga tahun 2017, DKI menargetkan ada 1,7 warga yang mengikuti pemeriksaan IVA, untuk mengetahui apakah terkena kanker rahim atau tidak. Pemeriksaan IVA ini dilakukan di 434 puskesmas yang tersebar di DKI Jakarta.

Ke depan, pihaknya akan melakukan sistem jemput bola dengan cara mendatangi seluruh rumah susun (Rusun), yang ada di DKI. Dengan pola seperti ini diyakini hasilnya akan lebih maksimal. Banyak warga yang akan mengikuti pemeriksaan kanker rahim melalui test IVA.

"Selama ini pemeriksaan IVA hanya dilakukan di puskesmas. Namun banyak masyarakat enggan untuk datang dengan berbagai macam alasan. Padahal pemeriksaan kanker rahim itu sangat penting bagi kaum wanita, terutama usia subur. Makanya kita akan jemput bola ke rusun-rusun," imbuh Veronika.

Sementara, Yati (38), salah seorang warga yang ikut pemeriksaan kanker rahim, mengaku sangat senang. Terlebih pemeriksaan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan dapat diketahui hasilnya. Pemeriksaan kanker rahim ini juga gratis, yang dilakukan pihak puskesmas.

"Awalnya memang malas juga karena kita berpikir kan tidak ada penyakit kanker. Namun untuk kenyamanannya memang ya harus ikuti pemeriksaan IVA. Kalau hasilnya kita tahu kan jadi lega, apalagi kalau negatif," ujar Yati.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1033 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye954 personAldi Geri Lumban Tobing