You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jadi TPS Liar, Jl Daan Mogot Km 16 Kumuh
Penanganan sampah di Jakarta Barat sepertinya kurang optimal. Sebab di sejumlah titik masih ditemukan tumpukan sampah berserakan. Bahkan ada jalan protokol yang dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Seperti yang terlihat di Jl Daan Mogot Km.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Jalan Daan Mogot Jadi TPS Liar

Penanganan sampah di Jakarta Barat sepertinya kurang optimal. Sebab di sejumlah titik masih ditemukan tumpukan sampah berserakan. Bahkan ada jalan protokol yang dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Seperti yang terlihat di Jl Daan Mogot Km 16, tepatnya sisi jalan dari arah Cengkareng menuju Kalideres. Kondisi tersebut membuat kawasan sepanjang 150 meter itu tampak kumuh karena tumpukan sampah mencapai satu meter.

Kalau musim hujan, air rembesan sampah menebarkan bau tak sedap

Selain itu, tumpukan sampah tersebut membuat warga Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres dan pengguna jalan menjadi terganggu lantaran tercium aroma tidak sedap serta banyak lalat. Diketahui, jalan tersebut telah lebih satu tahun dimanfaatkan warga sebagai TPS liar.

Di sisi lain, sejumlah petugas pengangkut sampah rumah tangga yang menggunakan gerobak, setiap hari rutin membuang sampahnya di lokasi itu. "Kalau musim hujan, air rembesan sampah menebarkan bau tak sedap. Sedangkan kalau musim panas dan angin bertiup kencang sampah plastik dan kertas berterbangan hingga ke jalan dan Kali Mookervart,” keluh Irwandi, warga RW 04, Kelurahan Kalideres, Jumat (20/6).

Gagal Raih Adipura, Lurah Susan Gelar Operasi Yustisi

Camat Kalideres, Zeri Ronazy mengakui, pihaknya sudah kerap berkoordinasi dengan pihak Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat untuk menangani masalah sampah itu. "Ya petugas kebersihan harus mengangkutnya pada jam 05.00 agar tidak terjadi penumpukan sampah," tukasnya.

Namun, nyatanya, pengangkutan sampah dilakukan rata-rata pukul 10.00. Zeri mengungkapkan, Jl Daan Mogot Km 16 untuk sementara memang dimanfaatkan sebagai TPS. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan lahan yang dapat dijadikan TPS resmi. “Sampai saat ini sulit mencari lahan untuk dijadikan lokasi pembuangan sampah," ujarnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1144 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1021 personAldi Geri Lumban Tobing