You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Fase Pertama Integrasi Pembayaran Moda Transportasi Ditarget Terealisasi Agustus
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Fase Pertama Integrasi Pembayaran Moda Transportasi Ditarget Terealisasi Agustus

PT Jaklingko Indonesia berkolaborasi dengan seluruh moda transportasi yang berada di Jakarta menargetkan Fase Pertama integrasi sistem pembayaran dapat terlaksana mulai pertengahan Agustus 2021.

F ase pertama akan diluncurkan pembayaran berbasis QR code

Corporate Secretary PT JakLingko Indonesia, Ahmad Rizalmi mengatakan, selain integrasi tiket dan rute diperlukan integrasi sistem pembayaran hingga sentralisasi data dan informasinya.

"Pada fase pertama akan diluncurkan pembayaran berbasis QR code yang terintegrasi melalui JakLingko Smart Apps dan juga JakLingko Smart Card atau tiket dalam bentuk kartu," ujarnya, Jumat (7/5).

Dirut PT JakLingko Raih Inspiring Profesional Award

Rizalmi menjelaskan, pada Smart Apps ini akan terdapat fitur untuk memilih titik keberangkatan dan titik tujuan. Dari dua titik ini akan diberi rekomendasi transportasi yang tersedia. Setelah muncul rekomendasi moda transportasi yang akan digunakan, kemudian muncul rincian biaya serta estimasi waktu kedatangan dan tiba di tempat tujuan.

"Melalui pilihan yang disajikan pengguna akan bisa memilih moda transportasi yang akan digunakan. Setelah itu akan muncul QR Code yang bisa dipakai untuk pembayaran semua moda transportasi yang dipilih," terangnya.

Menurutnya, untuk penerapan Mobility as a Services akan dimulai pada Fase Kedua yakni di triwulan satu tahun 2022 dengan melakukan pengembangan mobilitas sebagai aplikasi layanan yang terintegrasi operator angkutan umum maupun angkutan online eksternal.

"Pada triwulan ketiga tahun 2022 akan diimplementasikan Account Based Ticketing yakni, transformasi dari arsitektur yang berpusat pada kartu, menjadi arsitektur berbasis akun," ungkapnya.

Rizalmi menilai, dengan implementasi tiket berbasis akun pengguna akan lebih mudah menggabungkan semua saldonya dan mendapatkan profil pengguna yang nantinya akan digunakan sebagai tarif khusus untuk beberapa pengguna seperti lansia, pelajar, ataupun turis dan masih banyak lagi.

"Satu aplikasi sebagai perencana perjalanan masyarakat Jakarta adalah langkah pasti dalam membangun transportasi publik yang berkelanjutan," bebernya.

Ia menambahkan, upaya merealisasikan transportasi yang terintegrasi saat ini terus dilakukan, bahkan sudah mulai berjalan secara bertahap. Hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran moda transportasi seperti Transjakarta, KRL Commuter Line, MRT, LRT, dan MiniTrans/MikroTrans ditambah dengan dukungan oleh PT JakLingko Indonesia sebagai pelaksana konsep integrasi antarmoda transportasi di Jabodetabek.

"Sebagai salah satu komponen penting, peran JakLingko akan fokus pada integrasi pembayaran, tarif, rute dan data transportasi. Terlebih, dengan hadirnya Jaklingko sebagai perusahaan dengan lini utamanya yaitu di bidang teknologi, sistem pembayaran dan pengelolaan mahadata yang dimulai dengan transportasi Jabodetabek dan akan terus melakukan pengembangan untuk masa depan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Awards 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye9245 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pemprov DKI Lakukan Percepatan Penanganan Genangan

    access_time22-03-2024 remove_red_eye8015 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Kramat Pela Bahagia Ada Penjualan Pangan Murah

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6825 personTiyo Surya Sakti
  4. Balita Terindikasi Stunting di Kelurahan Pasar Minggu Cepat Ditangani

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6555 personTiyo Surya Sakti
  5. Transjakarta Raih Predikat Bintang Lima pada Ajang Top BUMD Award 2024

    access_time21-03-2024 remove_red_eye6530 personAldi Geri Lumban Tobing